Ulasan2 - Dining Philosoper's Problem

Kali ini video yang akan saya ulas adalah video yang berjudul Dining Philosoper's Problem With Explanation (http://youtu.be/WX95OfXVtZQ). Video berdurasi 7 menit 24 detik ini diunggah oleh Easy Engineering Classes tanggal 28 Januari 2017 dan sudah dilihat sebanyak 10347 kali.

Ringkasan

Deadlock merupakan permasalahan yang sering dialami oleh developer ketika berurusan dengan multithreading, salah satu contoh permasalahnnya adalah Dining Philosopher's Problem.

Singkatnya, Dining Philosoper's Problem merupakan permasalahan dimana terdapat 5 philosopers yang duduk di meja bundar, dan diberikan 5 sumpit dan 1 makanan. 5 philosopers tersebut hanya akan makan dengan menggunakan 2 sumpit(di kiri dan di kanannya) atau menaruh sumpit dan kembali berfikir. Sumpit hanya bisa dipakai oleh satu orang pada saat yang bersamaan. Permasalahannya adalah tidak ada philosoper yang kelaparan dengan asumsi makanan tidak akan habis.

Sudah pasti tidak mungkin 5 pilosopers tersebut akan makan dalam waktu bersamaan karena hanya tersedia 4 sumpit. Author menggunakan semaphore sebagai solusi untuk permasalahan ini, yakni dengan cara pilosopers boleh makan jika dan hanya jika sumpit di kiri dan di kanannya available. Namun tetap saja deadlock masih mungkin terjadi untuk solusi ini (?)

Pendapat Penulis

Menurut saya video ini membahas konten yang sangat menarik yaitu ilustrasi permasalahn untuk mencegah deadlock. Saya sendiri sangat tertarik dengan solusi yang dibawa oleh author walaupun ternyata masih bisa deadlock sebab ini merupakan open problems yang solusinya bisa beragam. Untuk videonya sendiri, penjelasan cukup baik, namun akan lebih baik lagi jika penjelasan lewat visualisasi dari pada sekedar menulis.


Github Account : seelenbrecher
URL Ulasan : http://anab-os.blogspot.co.id/2017/05/ulasan2-dining-philosopers-problem.html
URL Konten : http://youtu.be/WX95OfXVtZQ, durasi 7:24
Author: Easy Engineering Class
Pemetaan : week06
revisi pertama : 19 Mei 2017
revisi terakhir : 20 Mei 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan1 - Buffer Exploits

RANKING10